Ads

Selasa, 18 Mei 2021, Mei 18, 2021 WIB
Last Updated 2021-05-17T16:11:52Z
MorowaliPariwisata

Kolaborasi Komunitas Dan Jurnalis Morowali Akan Adakan Gelar Aksi Bersih Pantai Dan Laut Di Kawasan Wisata Sambori


JOURNALTELEGRAF - Dalam rangka menjaga dan mengenalkan potensi kawasan wisata Pulau Sombori, sejumlah komunitas Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM), dan jurnalis Morowali yang tergabung dalam Kolaborasi Komunitas Morowali akan mengadakan aksi bersih pantai dan laut (coastal clean-up).


Rencananya, Kegiatan tersebut akan diselenggarakan selama tiga hari mulai dari 21-23 Mei 2021 di salah satu kawasan Sombori, Pulau Dongkalan.




Kepada media Journaltelegraf, Ketua pelaksana kegiatan (Kolaborasi Komunitas Morowali), Ifan menuturkan jika kegiatan tersebut dilakukan agar masyarakat ke depannya bisa turut peduli menjaga laut dengan tidak membuang sampah di laut.


"Indonesia adalah penghasil sampah plastik terbesar kedua di dunia setelah Cina dan sebanyak 3.2 juta ton sampah dibuang ke laut setiap tahunnya sehingga aksi bersih pantai ini bisa menjadi momentum awal untuk menyadarkan masyarakat akan pentingnya menjaga laut", tutur Ifan kepada awak media journaltelegraf.com Senin (18/05/2021).


"Selain aksi bersih pantai, kegiatan tersebut juga akan di isi dengan pemutaran serial film pulau plastik, diskusi atau edukasi publik, jelajah dua danau, hidden lagoon, gua tengkorak, dan lomba antar komunitas," sambungnya.


Ia juga menambahkan bahwa kawasan wisata Sombori memiliki beberapa spot yang belum pernah dikunjungi oleh wisatawan.


"Kami juga akan mencoba untuk mengeksplore destinasi wisata yang potensial untuk dijadikan sebagai objek wisata baru di kawasan Sombori," tutupnya.


Kegiatan yang menyatukan hampir seluruh komunitas di Morowali tersebut baru pertama kali diadakan dan turut mendapat dukungan dari Pemerintah Daerah Kabupaten Morowali, Angkatan Laut, Polairud (Polisi Perairan dan Udara), atlet MMA (Mixed Martial Arts) Adrian Mattheis, dan beberapa selebriti seperti Inul Daratista, Fildan DA, Ciara, Dewi Utara, Ricky Cuaca.


Awalnya, kegiatan tersebut dibuka untuk umum tetapi pihak Pemda Morowali membatasi untuk skala komunitas saja sehingga hanya 70 peserta yang akan ikut berpartisipasi dalam kegiatan tersebut.


 


Reporter : Pramudita

Editor : Legitha Aswardy

Tidak ada komentar:

Posting Komentar