Ads

JournalTelegraf
Selasa, 13 April 2021, April 13, 2021 WIB
Last Updated 2021-04-13T10:24:33Z
Limbah Masker MedisMANADOOperasi Simpatik Prokes

Satgab Penanganan Covid-19 Manado Himbau Warga Gunting Masker Medis Bekas Pakai

Dua orang anggota Sat Pol PP Pemkot Manado yang tergabung dalam Satgab Penanganan Covid-19 Manado menggunting masker bekas pakai yang didapati saat gelar Operasi Simpatik Prokes Covid-19, Selasa (13/04/2021). (Foto : Febry)


JOURNALTELEGRAF - Satuan tugas gabungan (Satgab) Penanganan Covid-19 kota Manado menghimbau warga kota Manado untuk tidak membuang masker medis bekas pakai dengan sembarangan.

"Kami menghimbau masyarakat kota Manado agar jangan membuang sembarangan masker bekas pakai. Masker medis bekas pakai itu adalah limbah medis, harus dimusnahkan," ujar Kasat Pol PP Pemkot Manado, Yohanis B. Waworuntu SE, M.Si usai memimpin kegiatan Operasi Simpatik Prokes Covid-19 yang digelar Satgab Penanganan Covid-19 kota Manado di 2 lokasi, yakni Taman Kesatuan Bangsa (TKB) Pasar 45 dan Jalan Martadinata depan Pasar Segar Paal 2, Selasa (13/04/2021).

Waworuntu juga menghimbau masyarakat agar terlebih dahulu menggunting masker medis bekas pakai sebelum membuangnya ke tempat sampah.

"Tindakan menggunting masker medis yang baru digunakan hingga terbagi dua untuk mencegah penyalahgunaan oleh orang yang tidak bertanggungjawab. Maskernya yang digunting, bukan cuma talinya. Karena tidak tertutup kemungkinan masker bekas pakai itu di cuci, disetrika kemudian dijual kembali ke masyarakat. Itu berbahaya, karena itu limbah medis," jelas Waworuntu.

Menurut Waworuntu, kegiatan sosialisasi tentang penanganan limbah masker medis bekas pakai ini sebagai tindakan preventif dan edukatif Satgab Penanganan Covid-19.

"Selama ini, di benak masyarakat, kami (Satgab Penanganan Covid-19-red) selalu melakukan kegiatan penindakan itu hukum. Disisi lain, Satgab yang terdiri dari Sat Pol PP dan teman-teman dari TNI/Polri juga melakukan tindakan preventif dan edukatif dalam penanganan penyebaran pandemi Covid-19. Kita harus syukuri dan tetap menjaga, karena saat ini penyebaran di kota Manado cenderung mengalami penurunan," beber mantan Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) kota Manado ini.

Waworuntu juga menghimbau masyarakat kota Manado agar memprioritaskan penggunaan masker medis seperti anjuran Pemerintah.

Selain itu, Waworuntu juga menghimbau masyarakat agar bisa menyediakan tempat khusus untuk limbah maker medis bekas pakai yang telah digunting sebelum dibuang ke tempat sampah.

Dalam kegiatan ini, Tim Satgab Penanganan Covid-19 Kota Manado juga memberikan masker medis ke masyarakat yang kedapatan menggunakan masker kain atau bukan masker medis.

Penulis/Reporter : Simon Ronal

Tidak ada komentar:

Posting Komentar