Minahasa

Sambut Malam Lailatul Qadar, Pemuda Desa Paku Gelar Sejuta Lampu

Rabu, 28 April 2021, 19.02 WIB Last Updated 2021-04-28T11:03:10Z
masukkan script iklan disini

 



JOURNALTELEGRAF-Sambut malam Lailatul Qadar para pemuda Desa Paku Bersatu Kecamatan Bolangitang Barat, Kabupaten Bolaang Mongondow Utara (Bolmut)  menggelar gerakan pemasangan sejuta lampu.


Hal ini merupakan tradisi yang suda turun menurun dilakukan sebagai rasa kegembiraan akan datangnya lebaran Idul Fitri, dan bentuk suka cita dengan memberi warna tersendiri bagi masyarkat muslim setempat.


Kepada Journaltelegraf.com, Ketua Panitia Gerakan Sejuta Lampu Botol Candra Manggopa mengatakan tradisi pasang lampu sudah sejak lama dilakukan.


"Biasanya warga Bolmut pada umumnya hanya merayakan dengan lampu botol seadanya didepan rumah mereka masing- masing," ujar Candra, Rabu (28/4/2021).


"Akan tetapi kali ini, pemuda Karang Taruna Desa Paku Bersatu, Desa Paku dan Desa Paku Selatan membuat suasana malam pasang lampu tahun ini dengan sangat meriah," tambahnya.



Menurut mahasiswa UNG ini, pemasangan lampu yang kerap dihelat jelang Idul Fitri disetiap empat malam terakhir pada bulan Ramadhan, bahkan kata dia, sudah menjadi tradisi masyarakat muslim di Kabupaten Bolmut.


"Pasang lampu ini, selain sudah menjadi tradisi, juga merupakan nilai tambah dimata masyarakat adat Desa Paku bersatu kususnya," beber Candra.



Tak hanya itu, Candra juga menjelaskan pelaksanaan kegiatan gerakan sejuta lampu botol digelar atas dukungan pemerintah desa, tokoh masyarakat dan tokoh pemuda.

"Saya berharap agar teradisi ini terus dipelihara dan dijaga oleh generasi ke genderasi, karena tradidisi semacam ini adalah alat untuk pemersatu antar sesama umat muslim,"tutup candra.

Reporter : Irsan
Editor : Ewin

Komentar

Tampilkan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terkini

Bolmut, Sangihe,

+