Ads

JournalTelegraf
Selasa, 13 April 2021, April 13, 2021 WIB
Last Updated 2021-04-13T07:35:07Z
Limbah Masker MedisMANADOOperasi Simpatik Prokes

Gelar Operasi Simpatik, Satgab Covid-19 Manado Sosialisasikan Penanganan Limbah Masker Medis

Kasat Pol PP Pemkot Manado, Yohanis B. Waworuntu SE, M.Si memasangkan masker medis ke warga yang melintasi TKB Pasar 45 saat gelar Operasi Simpatik Prokes yang digelar Satgab Penanganan Covid-19 Kota Manado, Selasa (13/04/2021)

JOURNALTELEGRAF - Satuan tugas gabungan (Satgab) Penanganan Covid-19 kota Manado mensosialisasikan kewajiban penggunaan masker medis dan cara penanganan limbah masker medis bekas pakai dengan sandi Operasi Simpatik Prokes Covid-19 yang digelar di 2 titik, yakni Taman Kesatuan Bangsa (TKB) Pasar 45 dan Jalan Martadinata depan Pasar Segar Paal 2, Selasa (13/04/2021).

Usai giat operasi, kepada sejumlah awak media, Kasat Pol PP Pemkot Manado, Yohanis B. Waworuntu SE, M.Si yang memimpin langsung giat operasi mengungkapkan, dalam penanganan wabah pandemi Covid-19, Satgab Penanganan Covid-19 Kota Manado tak hanya melakukan tindakan hukum, tapi juga melakukan kegiatan preventif dan edukatif.

"Kami Satgab Penanganan Covid-19 Kota Manado, dari Sat Pol PP Pemkot Manado, TNI dan Polri, melaksanakan tugas dan kegiatan dengan nama Operasi Simpatik Protokol Kesehatan (Prokes) Covid-19 dengan preventif dan edukatif. Sehingga, apa yang ada di benak masyarakat, bahwa kami selalu melakukan kegiatan penindakan itu hukum keliru," ujar Waworuntu.

Lebih lanjut Waworuntu menjelaskan, bentuk kegiatan preventif dan edukatif dilakukan dengan cara memberitahukan ke masyarakat tentang kewajiban penggunaan masker medis di era Covid-19 dan cara penanganan limbah masker medis bekas pakai.

"Kami sampaikan ke masyarakat diwajibkan menggunakan masker medis, seperti yang disarankan pemerintah. Selanjutnya, masker bekas pakai jangan dibuang sembarangan. Harus dimusnahkan dengan cara mengguntingnya. Tindakan ini untuk mencegah penyalahgunaannya. Bisa saja masker bekas pakai di cuci, disetrika kemudian dijual kembali ke masyarakat. Itu bahaya, karena itu limbah medis," jelas Waworuntu.

Waworuntu menghimbau masyarakat agar bisa menyediakan tempat khusus bagi limbah maker medis yang telah digunting agar mempermudah tim kebersihan Pemkot Manado mengangkut dan membuangnya ke Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Sumompo.

Tim Satgab pun akan membuang limbah masker medis yang berhasil dikumpulkan dalam operasi ini ke TPA Sumompo.

Dalam kegiatan ini, Tim Satgab Penanganan Covid-19 Kota Manado juga memberikan masker medis ke masyarakat yang kedapatan menggunakan masker kain atau bukan masker medis.

Warga pun memuji langkah yang dilakukan tim Satgab Penanganan Covid-19 Manado.

"Yang bagus harus seperti ini. Kita sebagai masyarakat harus mendukung ini," ujar salah seorang warga yang dihentikan tim Satgab di depan Pasar Segar Paal 2.

Penulis/Reporter : Simon Ronal

Tidak ada komentar:

Posting Komentar