Ads

Senin, 29 Maret 2021, Maret 29, 2021 WIB
Last Updated 2021-03-29T11:17:32Z
DPRDTolitoliPT.Jasindosultengtolitoli

Jemmy Yusuf : Asuransi Pertanian Adalah Wujud Komitmen Kerakyatan Untuk Mensejahterakan Dan Memberikan Perlindungan Kepada Petani

Foto : (Istimewa) Penandatanganan MoU dan PKS Asuransi Usaha Tani Padi Oleh Wakil Ketua I DPRD Kabupaten Tolitoli Jemmy Yusuf Dan Wakil Bupati Tolitoli Moh.Besar Bantilan, Senin (29/03/2021).


JOURNALTELEGRAF - Pemerintah Kabupaten Tolitoli meneken perjanjian kerja sama dan MoU dengan PT Jasindo. Kerja sama ini terkait dengan keberlanjutan program asuransi pertanian, peternakan dan kelautan. 
 
Dalam Konferensi Pers, Branch Manager PT. Asuransi Jasa Indonesia Sulteng-Sulbar, Daniel Parlindungan mengatakan, program kerja sama ini menandakan jika Tolitoli terus bergerak ke model pertanian mandiri dan modern. Oleh karena itu, dia mengaku jika PT Jasindo akan terus berupaya mendorong terciptanya pertanian yang berorientasi pada peningkatan kesejahteraan petani di Kabupaten Tolitoli. 
 
"Kami juga berkomitmen untuk tetap melayani masyarakat di Tolitoli dalam hal asuransi pertanian dan ternak nelayan sehingga terwujud petani yang maju, mandiri, modern dan berasuransi”, ujar Daniel
 
Pihaknya juga menjelaskan tentang pendaftaran asuransi dengan PT.Jasindo

" Persyaratannya yaitu minimal memiliki 1/2 irigasi dan kemudian jika ada pengajuan jumlah hektar kita tinggal sampling kecuali ada klaim tentunya kita akan turun lapangan," jelasnya.

Sementara itu , Wakil Ketua I DPRD Kabupaten Tolitoli Jemmy Yusuf dalam sambutannya mengatakan, Ini salah satu bentuk Implementasi amanat undang-undang nomor 19 tahun 2013 tentang perlindungan dan pemberdayaan petani.

" Karna kami di amanatkan oleh rakyat, maka kami akan berpikir bahwa 9.178 hektar itu harusnya terangsuransikan," kata Jemmy 

Lanjutnya lagi, Sesuai data tahun 2019-2020 melalui Perpadi, populasi yang teransuransikan sudah jauh lebih luas dari angka 9.187 hektar ada di angka 6.000an hektar.

" Mudah-mudahan kedepannya Bupati Tolitoli dapat berkomitmen bersama mewujudkan Visi-misi Bupati dan Wakil bupati," jelasnya.

Tambahnya lagi, Data populasi ternak perlu juga di tingkatkan yang berada di angka 17 ribu dan perlu juga untuk di asuransikan.

" Sebagai komitmen kerakyatan, Insya Allah akan terus kami dorong dalam bentuk upaya untuk melakukan proteksi terhadap petani, peternak, pekebun dan nelayan kita," tutupnya.

Turut hadir pada kesempatan itu sebagai saksi antara lain Bupati Kabupaten Tolitoli Amran H Yahya, Wakil Bupati Tolitoli Moh.Besar Bantilan, Kepala Dinas Tanaman Pangan Dan Horticultura Rustam Rewa, Asisten Sekretaris Daerah Kabupaten Tolitoli bidang Pemerintahan dan Kesra (Asisten I) Anhar Dg. Mallawa, Serta Kabag Humas Pemkab Tolitoli Arham Yacub.


Editor/Reporter : Legitha Aswardy


Tidak ada komentar:

Posting Komentar