Ads

Selasa, 09 Februari 2021, Februari 09, 2021 WIB
Last Updated 2021-02-09T13:08:15Z
DINAS KESEHATANsulteng

Pencanangan Pelaksanaan Vaksinasi Covid-19 Di Kabupaten Tolitoli.


JOURNALTELEGRAF - Pemberian vaksinasi Covid-19 Perdana untuk tenaga kesehatan di Kabupaten Tolitoli, hari ini  mulai dilaksanakan. Selasa (09/02)2021).

Vaksinasi Covid-19 untuk tenaga kesehatan tersebut tersebar di 18 (delapan belas) titik yakni di Dinas Kesehatan Kabupaten Tolitoli, di Rumah Sakit Umum Daerah Mokopido Tolitoli, Rumah Sakit Umum Daerah Hj. Zubaedah Bantilan Malala dan 15 Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas). 
  
Pemberian vaksinasi Covid-19 bagi seluruh masyarakat di kabupaten tolitoli telah dicanangkan secara resmi oleh Bupati Tolitoli Hi. Moh. Saleh Bantilan, SH.,MH pada suatu acara yang digelar oleh Dinas Kesehatan Kabupaten Tolitoli di Taman Kota Gaukan Muhammad Bantilan Tolitoli.

Pencanangan tersebut ditandai dengan penyuntikan vaksin pertama kepada sejumlah Pejabat di daearah di antaranya, Kepala Kepolisian Resor Tolitoli AKBP Budhi Bathara Pratidina S.IK, Komandan Kodim 1305 BT Letkol Farid Yudis Purwanto, Komandan Pangkalan TNI-AL Tolitoli Letkol Laut (P) Hariono, SH.,M.Tr Hanla, Kepala Kejaksaan Negeri Tolitoli Deddy Koerniawan, SH.,MH, Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Tolitoli yang diwakili Kepala Bagian Tata Usaha Salam P. Daimarinu, S. Pd. I.,M. Pd. I. Sementara pejabat di Lingkup Pemda Kabupaten Tolitoli diantaranya Kepala Satuan Polisi Pamong Praja Samsuh M.Saleh S.Ag.,M.Si, Direktur RSUD Mokopido dr. Hi. Danial dan Sekretaris Dinas Kesehatan Saprudin, ST.,MT. 

Sementara dari tenaga kesehatan diawali oleh Ketua Ikatan Dokter Indonesia Tolitoli-Buol dr. Sofyan Lahadja, Sp.B, FICS dan diikuti oleh sejumlah dokter. 

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Tolitoli Anjasmara, S.Pt.,MP pada kesempatan itu mengatakan, Tujuan pemberian vaksinasi Covid-19 untuk mengurangi transmisi penularan Covid-19, menurunkan angka kesakitan dan kematian akibat Covid-19, mencapai kekebalan kelompok di masyarakat dan melindungi masyarakat agar tetap produktif secara sosial dan ekonomi. 

"Jenis vaksin yang digunakan adalah vaksin sinovac yang dibuat untuk membentuk kekebalan tubuh terhadap virus Sars Cov-2 sehingga dapat mencegah Covid 19.,Vaksin ini akan diberikan kepada sasaran yaitu masyarakat yang berusia antara 18 sampai dengan 59 tahun,"Jelas Anjasmara, Selasa (09/02/2021).

Dalam kesempatan yang sama, Bupati Tolitoli Hi. Moh. Saleh Bantilan, SH.,MH mengingatkan, Agar seluruh stakeholder yang terlibat dalam pelaksanaan vaksinasi di kabupaten tolitoli ini dapat memastikan pelaksanaannya bisa berjalan baik, khususnya fasilitas pelayanan yang meliputi Puskesmas dan jaringannya, rumah sakit dan klinik milik Pemerintah maupun swasta. 

Lebih Lanjut, Bupati menjelaskan , ketersediaan sumber daya manusia kesehatan, prasarana untuk mempertahankan mutu vaksin serta pemantauan dan penanggulangan kejadian ikutan pasca imunisasi sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan. 

Pihaknya juga berharap, ketika sudah mendapat giliran untuk divaksin agar semuanya berpartisipasi demi kesehatan bersama. Vaksinasi adalah ikhtiar kita untuk menjaga tubuh kita supaya lebih imun terhadap virus Covid-19,Tutup Bupati dua periode itu.

Editor/Wartawan : Legitha Aswardy

Tidak ada komentar:

Posting Komentar