Ads

Senin, 28 Desember 2020, Desember 28, 2020 WIB
Last Updated 2020-12-28T13:58:14Z
NASIONAL

Viral, Lagu Indonesia Raya Dihina Akun Berbendera Malaysia

 

tangkapan layar di twitter


JOURNALTELEGRAF-Lagu Indonesia Raya dilecehkan dengan diparodikan dalam video lagu di media sosial Youtube. Lirik dalam lagu Indonesia Raya diubah total dengan isi bernada penghinaan.


Video berdurasi 1.31 menit itu telah di-posting sekitar dua pekan lalu oleh akun  Youtube MY Asean berlogo bendera Malaysia. Meski video yang dimaksud sudah tidak ditemukan lagi di kanal YouTube My Asean. 


Diketahui, video parodi tersebut berisi penghinaan pada lagu Indonesia Raya yang diawali dengan suara ayam berkokok juga dalam aransemen lagu tersebut  hampir mirip dengan aslinya. Dari tampilan terlihat latar Merah Putih yang ditimpal dengan dua anak yang sedang membuang air seni. Sementara di tengahnya terdapat kartun ayam berlambang Pancasila.


"Indonesia adalah bangsa yang sial dan mundur," sepenggal lirik lagu itu.


Selain itu, Presiden Joko Widodo dan Soekarno pun tak luput diparodikan dalam video tersebut. Hingga kini, video parodi tersebut masih terus dilakukan pemeriksaan oleh pihak berwenang.

 

Sementara itu, mengutip dari Kompas.com, Kedutaan Besar Malaysia di Jakarta mengecam keras video parodi lagu Indonesia Raya. Hal ini dapat menimbulkan provokasi dan mengancam memengaruhi hubungan Malaysia dengan Indonesia.


"Jika video itu terbukti diunggah oleh warga negara Malaysia, tindakan tegas akan diambil berdasarkan hukum yang ada," ujar Kedutaan Besar Malaysia di Jakarta melalui sebuah pernyataan.

Saat ini, otoritas keamanan Malaysia sedang melakukan penelusuran untuk mencari keberadaan pemilik akun MY Asean. Bahkan pihak berwenang Malaysia akan melakukan penyelidikan terhadap video tersebut.


Reporter/Editor : Ewin



Tidak ada komentar:

Posting Komentar