Minahasa

Syahib: Jangan Terlalu Berharap Vaksin Covid-19

Jumat, 18 Desember 2020, 00.04 WIB Last Updated 2020-12-17T16:04:44Z
masukkan script iklan disini

JOURNALTELEGRAF-Ketua harian Tim Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Boven Digoel, H. Syahib meminta masyarakat agar tidak terlalu mengharapkan vaksin Covid-19.

Foto : H. Syahib, Ketua Harian Gugus Tugas Covid 19 Boven Digoel (isrimewa)


Dia mengatakan terkait informasi vaksin yang beredar di media sampai saat ini kita belum punya jadwal yang tepat untuk kapan mulai dilakukan vaksinasi.


Lanjutnya, dan mungkin paling cepat bulan februari, itu pun sasaran belum tentu kemasyarakat umum jadi kemungkinan yang akan di berikan duluan adalah seluruh tenaga kesehatan.


"Selain tenaga kesehatan, vaksin ini juga akan diberikan kepada mereka yang sering kontak dengan masyarakat dalam hal ini TNI-POLRI dan ada seleksi penyaringan terhadap kelompok-kelompok yang rentan," katanya saat jumpa pers, Rabu (16/12/2020).


Sehingga pihaknya menghimbau jangan terlalu mengharapkan vaksin, karena kunci utama sekarang adalah disiplin terhadap protokol kesehatan.


"Sesuai dengan anjuran Kementerian Kesehatan dan WHO walaupun ada vaksin pun kalau tidak didukung dengan kepatuhan masyarakat terhadap protokol kesehatan itu tidak bisa memberikan hasil maksimal juga," tegasnya.


Jadi kata Syahib, seluruh warga masyarakat Kabupaten Boven Digoel agar tetap  taat dan mematuhi protokol kesehatan.


Syahib juga mengatakan dari pengalaman yang ada terhadap orang-orang yang sudah menunjukkan infeksi dan kontak eratnya mereka yang disiplin menggunakan protokol kesehatan tidak terlalu terdampak.


Sementara terkait efektifitas vaksin Syahib mengatakan pihaknya belum bisa memberikan penilaian atau komentar karena nanti ada informasi langsung dari Kementerian Kesehatan.


"Kenapa kita belum melakukan vaksinasi karena Kementerian Kesehatan sangat berhati-hati juga untuk melakukan imunisasi massal, karena tidak semudah yang kita bayangkan seperti memberikan obat biasa," paparnya.


Vaksinasi ini perlu kajian dan sekarang juga masih lanjut kajian-kajian dari para ahli maupun produsen vaksin terkait vaksin yang akan di edarkan nanti.


Reporte : Thedy Arwian

Editor : Arham Licin

Komentar

Tampilkan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terkini

Bolmut, Sangihe,

+