Ads

Senin, 30 November 2020, November 30, 2020 WIB
Last Updated 2020-11-30T15:26:25Z
Headline newsPapua

Dicoret oleh KPU, Massa Pendukung Yusak Yacob Beritindak Anarkis

Foto : (Thedy/JT) Rumah milik wakil Bupati Kabupaten Boven Digoel yang juga calon Bupati nomor urut 02, Chaerul Anwar dibakar ratusan orang, Senin sore, 30 November 2020.



JOURNALTELEGRAF-Usai KPU RI mencoret pasangan calon nomor urut 4 Yusak Yalumo-Yacob Weremba sebagai calon peserta Bupati dan Wakil Bupati Boven Digoel, ratusan massa pendukung beritindak anarkis dengan membakar posko-posko pemenang dan APK (alat peraga kampanye) paslon lain,Senin (30/11/20).



Tidak puas dengan itu, puncak kemarahan massa pendukung di lampiaskan dengan membakar rumah milik wakil Bupati Kabupaten Boven Digoel yang juga calon Bupati nomor urut 02, Chaerul Anwar.


Bahkan, massa juga memadati sepanjang jalan trans, memprotes keputusan KPU RI yang membatalkan keikutsertaan Yusak-Yacub dengan alasan Tidak Memenuhi Sarat (TMS) dalam proses Pilkada di Kabupaten Boven Digoel.

 

Tak hanya itu, massa juga melakukan aksi longmars dan memblokade beberap titik jalan dengan membakar ban bekas. Akibatnya semua jalan jalan di pusat Kota Tanah Merah lumpuh total serta kios-kios dan toko yang ada di Boven Digoel tutup semua.

Kabid Humas Polda Papua, Kombes Pol Ahmad Mustofa Kamal menyatakan sejak Minggu (29/11) sejumlah warga masyarakat yang tidak puas dengan keputusan KPU RI datang ke posko pemenangan, yang tak jauh dari KPU Boven Digoel. 


"Mereka datang ke sana dan melakukan orasi hingga melakukan pembakaran," katanya.


Sementara itu, Kapolres dan Yusak Yaluwo langsung turun ke lokasi mengimbau masyarakat dan pendukungnya tidak melakukan hal-hal yang lebih besar.







Reporter : Thedy Arwian

Editor : Ewin





Tidak ada komentar:

Posting Komentar