Ads

Minggu, 15 November 2020, November 15, 2020 WIB
Last Updated 2020-11-14T23:23:13Z
sulteng

Delis-Djira Sentuh Masyarakat Wana dengan Program Pro Rakyat

 

Pasangan nomor satu calon Bupati dan wakil Bupato Morut Delia-Djira (D1A) 



JOURNALTELEGRAF-Meski perjalanan panjang dan melelahkan yang di lalui  pasangan nomor satu Delia-Djira (DIA) hal ini tak menyurutkan semangat bagi kedua pasangan putra daerah Bumi Tepo Asa Aroa ini, untuk maju sebagai Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Morowali Utara.


Hal itu nampak saat pasangan ini bersama tim sukses menyambangi masyarakat di pedalaman Wana yang bermukim di dataran tinggi di Kecamatan Mamosalato demi bertatap muka dalam kampanye terbatas.


Diketahui, Delis-Djira  mengunjungi  enam desa yang dihuni masyarakat Wana masing-masing Desa Winangabino, Desa Sea, Desa Lijo,  Desa Parangisi, Desa Pakatu dan Desa Terujung  yang berbatasan langsung dengan Kabupaten Touna yakni Desa Menyo'e. Pasangan inipun mendapat sambutan meriah dari warga Wana yang saat ini belum mendapat perhatian serius dari Pemerintah.


Sememtara, kedatangan dua putra daerah ini menjadi harapan dan impian warga Wana, betapa tidak, kondisi Medan yang ekstrim dilalui Delis-Djira bersama rombongannya membuat catatan tersendiri  bagi daerah ini.  


"Selama 7 tahun usia Morowali Utara seharusnya daerah terisolir ini sudah  ada dilakukan pembangunan dari  APBD, hal ini belum sepenuhnya berpihak terhadap masyarakat termarjinalkan di pedalaman Wana," ungkap DIA.


Akses menuju lokasi, nampak rombongan sejenak berhenti untuk beristirahat.


Tak hanya itu, yang menjadi perhatian adalah masalah harga sembilan bahan pokok (Sembako) dan BBM di kawasan pegunangan ini melebihi batas harga normal, penyebanya tak lain adalah sulitnya akses yang dilalui.


Kedatangan Delis-Djira di Desa Menyo'e Rabu siang (11/11) juga menjadi kegembiraan tersendiri bagi warga di Desa terujung tersebut, seolah warga menitipkan harapan kepada kedua putra daerah ini untuk memperhatikan kondisi Daerah itu, terutama pada akses jalan yang menjadi kendala selama ini.




Hal ini pun menjadi catatan bagi Delis-Djira. Nampak Delis-Djira bersama rombongan terharu saat tiba di pedalaman Wana dengan melihat kondisi akses yang memprihatinkan seperti ini.


Lian salah satu warga Wana mengungkapkan keterbatasan yang ada di desanya, terutama akses jalan yang tidak tersentu perhatian pemerintah, hal ini terjadi sudah sekian lama. Tak menyia-nyiakan waktu, LiAn mengadukan hal ini kepada DIA.


 "Jangankan jalan, listrikpun tidak ada, di usia 75 tahun Indonesia merdeka, jaringan selulerpun belum sama sekali dapat di akses di daerah pedalaman Wana,"ucap Lian dengan nada sendu.


Pasangan DIA saat tiba di sambut antusias warga 


Tak hanya itu, kedatangan Delis-Djira juga menjadi harapan bagi warga Wana serta mendoakan kedua putra daerah ini agar terpilih memimpin Morowali Utara, sehingga nantinya akses di pedalaman Wena dapat menjadi prioritas dalam pembangunan.



Setelah beberapa hari didataran atas pedalaman Wana, Delis-Djira kembali turun kedataran bawah untuk melakukan kampanyenya  di Desa Pandauke, Desa Girimulya dan Desa Kolo Bawah.


Sebagaimana dalam setiap kampanye kedua putra daerah ini, selalu disambut meriah bahkan di Desa kelahiran Djira di Desa Kolo Bawah. Delis-Djira disambut meriah secara adat dengan budaya khas suku Bajo, terlihat warga tumpah ruah menyambut kedatangan pasangan ini. 




Reporter : Artomo Lagaronda

Editor : Ewin





Tidak ada komentar:

Posting Komentar