Ads

Rabu, 25 November 2020, November 25, 2020 WIB
Last Updated 2020-11-25T12:46:07Z
BITUNG

Apresiasi Karya Seni Presiden Lima Perisai, SMP Negeri 2 Bitung Dirikan Monumen


Peresmian Monument dan Prasati Presiden Lima Perisai Leonardo Axel Galatang di aula SMP Negeri 2 Bitung. (Foto: Istimewa)


JOURNALTELEGRAF – Peringati HUT PGRI ke-75, SMP Negeri 2 Bitung, menggelar acara peresmian monumen dan prasasti hasil karya sastrawan kondang di Kota Bitung.


Leonardo Axel Galatang, merupakan sosok terkemuka dalam Dunia sastrawan di Kota Bitung, beliau diketahui sebagai Presiden Lima Perisai serta karya – karyanya sudah berhasil mencapai kancah Nasional.


Kepala Sekolah (Kepsek) SMP Negeri 2 Bitung, Tommy Paat menyampaikan, Presiden Lima Perisai ini, tercatat dalam buku administrasi adalah siswa angkatan pertama di sekolah yang kini dipimpinnya.


“Beliau merupakan sosok, penting dalam perkembangan sekolah ini, ada begitu banyak hal-hal positif yang beliau buat dalam dunia pendidikan yang terutama di lingkungan SMP Negeri 2 Bitung,” ungkap Tommy. Rabu (25/11/2020).


Kepsek SMP Negeri 2 Bitung, menambahkan monumen dan prasasti ini dibuat merupakan bentuk apresiasi atas karya-karya seni oleh beliau dan merupakan motor penggerak karya seni di Kota Bitung, khususnya di dunia pendidikan. 


“Biasanya untuk membuat suatu monumen atas seseorang, dengan nilai karya sastrawan ataupun budayawan yang sudah meninggal. Namun hal ini dibuat dikarenakan dua hal penting yang beliau tanamkan bagi perkembangan dunia pendidikan yang khususnya dalam kacamata seni di Kota Bitung, pengertian seni menurutnya seni adalah pilar pembentukan martabat dan seni salah atu pintu menuju surga,” ucap Tommy.


Hal senada dikalimatkan oleh, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Bitung, Julius Ondang dalam sambutannya menyampaikan diusia ke-57 bung Axel (sapaan akrab Leonardo Axel Galatang), semenjak menjadi siswa di tahun 1979, sudah banyak menciptakan karya-karya seni.


“Banyak generasi yang sudah dilahirkan oleh sosok sastrawan ini, tercatat sebanyak 15 sarjana strata III, dan strata II sebanyak 62 sarjana serta 2 orang jenderal, yang telah dididik oleh bung Axel,” tutup Ondang.


Seraya menambahkan, ”Ini merupakan prestasi yang luar dari pada biasa. Dan sudah patut diapresiasi serta monumen dam prasasti terhadap bung Axel oleh Sekolah SMP Negeri 2 Bitung, patut dibanggakan,” pungkasnya.


Turut hadir dalam kegiatan tersebut, Kadis Perpustakaan Eugeni Mantir, Kadis Pariwisara Pingkan Kapoh dan Kepala Sekolah se-Kota Bitung mulai dari tingkat SMA, SMP dan SD serta TK-Paud.


Editor: Redaksi





Tidak ada komentar:

Posting Komentar