Ads

Selasa, 25 Agustus 2020, Agustus 25, 2020 WIB
Last Updated 2020-08-25T04:40:55Z
BovenBoven Digoel

Pelatihan Kader Malaria Kampung Gelombang III

 

JOURNALTELEGRAF-Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Boven Digoel Yoseph Awunim membuka secara resmi pelatihan kader malaria kampung gelombang III di Tanah Merah, Distrik Mandobo Kabupaten Boven Digoel,(24/08/20).


Kegiatan turut dihadiri staf dinas kesehatan Kabupaten Boven Digoel, perwakilan unicef Kabupaten Boven Digoel, perwakilan Perdhaki Boven Digoel serta peserta kader dari tiap-tiap puskesmas.


Dalam membacakan sambutan Bupati Kabupaten Boven Digoel, Sekda Yoseph Awunim mengatakan malaria masih menjadi masalah kesehatan masyarakat di Indonesia terutama di Kabupaten Boven Digoel.


"Sampai saat ini masih ada penularan di Boven Digoel dengan angka kesakitan pada tahun 2017 sebanyak 10.437 kasus, tahun 2018 sebanyak 8.507 kasus dan tahun 2019 sebanyak 7.539,serta sampai bulan juli tahun 2020 sebanyak 4.212 kasus," papar Yoseph.


Selain itu kata Yoseph, kondisi alam serta kegiatan pembukaan lahan perkebunan di setiap kampung yang secara terus menerus secara langsung atau tidak langsung mendekatkan manusia dengan vektor malaria yang berujung pada penularan malaria dari satu orang ke orang lain.


"Sejak tahun 2017 Sampai dengan tahun 2019 telah terjadi penurunan kasus sebanyak 2.045, dan hal ini menjadi berita baik yang dapat memberikan kita semua harapan bahwa proses  pengendalian penyakit malaria di Kabupaten Boven Digoel bergerak kearah yang baik," ungkapnya.


Bahkan malaria masih menjadi masalah, maka harus ada upaya nyata dalam menjaga dan melindungi setiap orang disekitar kita dari ancaman malaria. Yoseph juga berharap kepada para peserta untuk serius dalam mengikuti pelatihan, agar dapat menerapkannya di kampung masing-masing.


"Upaya yang dilakukan tersebut yaitu dengan melatih saudara saudari kita untuk mengawasi,menjaga, dan melindungi masyarakat di sekitarnya dari bahaya malaria," jelas Yoseph.








Reporter : Thedy Arwian

Editor : Ewin

Tidak ada komentar:

Posting Komentar