Ads


 

Jumat, 28 Agustus 2020, Agustus 28, 2020 WIB
Last Updated 2020-08-28T05:33:51Z
100% Kampung KilatDLH Kota BitungOrang Batuputih Menyapa

Kolaborasi Komunitas OBM dan 100% Kampung Kilat Lakukan Pembersihan Sungai

 

Sejumlah partisipan dalam kegiatan pembersihan aliran sungai Kelurahan Batuputih Bawah. Jumat 28 Agustus 2020. (Foto: Jaclin Masala)

JOURNALTELEGRAF – Gebyar Merah Putih, yang dilaksanakan oleh sejumlah komunitas di belahan Nusantara, dalam memperingati HUT ke-75 RI, pada 17 Agustus 2020 pekan lalu, tak hanya dilakoni pada Tanggal itu saja, namun oleh Kolaborasi komunitas Peduli Lingkungan Orang Batuputih Menyapa bersama 100% Kampung Kilat melakukan pembersihan aliran sungai Batuputih.


Jaclyn Masala selaku koordinator aksi bersih sungai menyampaikan, ini merupakan bagian dari rangkaian perayaan HUT ke-75 RI, yang telah dilaksanakan pada pekan lalu.


“Bersih sungai ini, adalah rangkaian kegiatan yang telah dilakukan pada 17 Agustus 2020, lalu yang sebelumnya telah kami lakukan. Namun hanya pembersihan di wilayah pelaksanaan kegiatan yakni daerah bibir pantai Kelurahan Batuputih Bawah Lingkungan 1,” ujar Jaclyn saat ditemui wartawan JournalTelegraf.com, siang tadi. Jumat (28/08/2020).


Lanjutnya, lokasi wilayah pembersihan tersebut dilakukan diwilayah sungai Kelurahan Batuputih Bawah yang jaraknya kurang lebih sekitar 1 kilo meter, dari titik awal hingga ke muara sungai.


“Sebanyak 15 orang yang terlibat dalam pelaksanaan kegiatan ini, dan kurang lebih sekitar 500 kg, bobot sampah plastik yang terangkut saat ini,” kata wanita jebolan Fakultas Peternakan Universitas Sam Ratulangi (UNSRAT) ini. 

 

Hal senada dikalimatkan oleh koordinator 100% Kampung Kilat, Joakim Lambahiang menyampaikan, ini merupakan kegiatan yang rutin dilaksanakan setiap tiga bulan sekali.


“Kegiatan sudah ke sekian kalinya kami lakukan, yang bertujuan untuk mengajak masyarakat sadar akan pentingnya lingkungan untuk keberlangsungan hidup,” kata Joakim yang juga penggiat foto alam bebas. 


Sementara itu, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Bitung, Sadat Minabari menanggapi, dirinya sangat mengapresiasi atas kegiatan dan inisiatif anak muda Kelurahan Batuputih Bawah yang tergabung dalam Komunitas Orang Batuputih Menyapa maupun 100% Kampung Kilat, dalam memerangi sampah plastik.


“Ini adalah kegiatan positif dan kami sebagai Pemerintah sangat mensupportnya. Ini merupakan contoh yang baik serta bagian dari tujuan Pemerintah dalam mensosialisasikan serta tindak lanjut akan masalah sampah plastik di Kota Bitung,” ujarnya serambi menambahkan, akan mengirim 1 unit mobil angkutan sampah ke tempat kegiatan.

   

Reporter /Editor : Alfonds Wodi


Tidak ada komentar:

Posting Komentar