Ads

Senin, 06 Juli 2020, Juli 06, 2020 WIB
Last Updated 2020-07-06T12:55:44Z
pandemi covid-19RSUD di Kota Bitung

RSUD di Kota Bitung Optimalisasi Pelayanan Penanganan Covid-19


Foto: (istimewa) dr.Piter Lumingkewas, mengevaluasi alat PCR di Laboratorium RSUD di Kota Bitung


JOURNALTELEGRAF – Kabar baik bagi warga Kota Bitung, saat ini Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) di Kota Bitung, kini telah memiliki laboratorium untuk pemeriksaan  Polymerase Chain Reaction (PCR).

Laboratorium tersebut selain digunakan untuk mendeteksi virus corona (covid-19), juga dapat mendiagnosa  penyakit infeksi human immunodeficiency virus (HIV), Hepatitis C, infeksi cytomegalovirus, human papillomavirus (HPV), Gonore, Klamidia, penyakit Lyme dan Pertusis atau batuk rejan.

Direktur RSUD Kota Bitung, dr. Piter Lumingkewas, hari ini Senin (06/07/2020), melakukan evaluasi dan pemantauan untuk kelengkapan pemeriksaan PCR, apabila sudah bisa digunakan, guna menindaklanjuti program One Day Service Komplit oleh RSUD di Kota Bitung.

“Kelengkapannya sudah siap, tinggal menunggu penginstalan beberapa pekerjaan kecil, dan kami menargetkan dalam minggu ini, sudah siap digunakan,” tulis Piter melalui via whatsapp massenger.

Dirinya melanjutkan, masyarakat dapat langsung mengetahui hasil dari pemeriksaan baik Pasien yang Suspek (Diduga) covid-19, yang dikarena Rapid Diagnostic Test (RDT) Reaktif maupun PDP (Pasien Dalam Pengawasan).

“Adanya alat PCR lebih cepat penanganannya dalam pengawasan serta tindakan paramedis usai mendapat hasil,” ujar Piter.

Direktur RSUD di Kota Bitung, ini menambahkan, keberhasilan penanganan Covid19 bukan hanya pada Jumlah Kasus yang rendah, tapi juga pada kemampuan melakukan pemeriksaan sampel Darah melalui RDT maupun sampel Swab melalui PCR.

Reporter/Editor : Alfonds Wodi



Tidak ada komentar:

Posting Komentar