Ads


 

Kamis, 30 Juli 2020, Juli 30, 2020 WIB
Last Updated 2020-07-30T01:35:23Z
Anggota DPRD Kota BitungHj Ramlan IrfanPHBI Kota BitungUmat Muslim Kota Bitung

PHBI Kota Bitung: Sholat Idul Adha 1441 H, Belum Bisa Dilaksanakan di Lapangan Terbuka

JOURNALTELEGRAF – Kalender Islam (Hijriyah), 70 hari setelah hati raya Idul Fitri diadakan atau diperingati sebagai hari raya Idul Adha, yang sering disebut Hari Raya Haji atau Lebaran Haji atau juga disebut sebagai Idul Qurban.

Hj. Ramlan Irfan. Ketua PHBI Kota Bitung. (Foto: Istimewa)

Dalam kebiasaan ataupun suatu tradisi dalam memperingati hari raya Idul Adha, semua umat muslim berkumpul, melaksanakan sholat Idul Adha 1441 H dan dilanjutkan dengan penyembelihan hewan kurban diruang terbuka yang dapat menampung banyak orang, Namun kali ini dalam perayaannya ditegah pandemi covid-19, seakan mustahil untuk dilaksanakan seperti biasa di lakukan pada tahun-tahun sebelumnya.

“Sebagaimana kita ketahui saat ini, Kota Bitung dalam sepekan, terjadi peningkatan yang signifikan dalam kasus penularan pandemi covid-19, hampir di setiap harinya,” ungkap Hj. Ramlan Irfan, selaku Ketua Penyelenggara Hari-Hari Besar Islam (PHBI) Kota Bitung. Kamis (30/07/2020).

Anggota DPRD Kota Bitung ini melanjutkan, berdasarkan hasil keputusan rapat PHBI, dengan mengacu pada Surat Edaran Menteri Agama No: SE.15/2020 dan Fatwa MUI No: 14/2020.

“Belum bisa melaksanakan pawai takbiran dan sholat Idul Adha 1441 H, di ruang atau tempat terbuka. Aktivitas dan perayaan sholat Idul Adha 1441 H dilaksanakan di jemaat mesjid masing-masing se-Kota Bitung,” ujar Hj. Ramlan saat menjelaskan hasil Rapat Pengurus PHBI Kota Bitung, Jumat (24/07/2020), di Masjid Ribathul Qulub Pelabuhan Samudera, Kelurahan Bitung Timur, Kecamatan Maesa Kota Bitung. 

Isi surat pemberitahuan pelaksanaan pawai Takbiran dan Sholat Idul Adha 1441 H, dalam masa Pandemi Covid-19. oleh PHBI Kota Bitung. (Doc. PHBI Kota Bitung)

Dirinya berpesan, untuk mengikuti himbauan dan anjuran pemerintah, untuk kesehatan dan keberlangsungan kita bersama demi untuk memutuskan mata rantai dan pengendalian pandemi covid-19.

“Insya Allah kita tetap jaga kerukunan walaupun tidak dapat berjabat tangan secara langsung, namun masih bisa bersilaturahmi antara satu dengan yang lainnya,” ujarnya sebelum menutup telefonnya sambil menyampaikan selamat menyambut Hari Raya Idul Adha 1441 H, bagi umat Islam se-Kota Bitung.

Reporter / Editor : Alfonds Wodi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar