Ads

Minggu, 19 Juli 2020, Juli 19, 2020 WIB
Last Updated 2020-07-18T16:22:08Z
bupati tolitoli

Danlantamal VIII Resmikan Samudra Ginunggung Sebagai Potensi Maritim Lanal Toli-toli


Foto : (istimewa) Wakil Bupati Tolitoli Abdul Rahman bersama  Brigjen TNI (Marinir) Donar Philip Rompas

JOURNALTELEGRAF- Wakil Bupati Tolitoli Abdul Rahman mengucapkan selamat datang dan apresiasi yang tinggi kepada Komandan Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Danlantamal) VIII Manado Brigjen TNI (Marinir) Donar Philip Rompas beserta rombongan yang melakukan kunjungan kerja di Kabupaten Tolitoli.

Ucapan selamat datang itu disampaikan oleh Wakil Bupati pada acara peresmian Samudera Ginunggung sebagai Potensi Maritim Lanal Tolitoli.

Dalam rangka kegiatan kunjungan kerja Danlantamal VIII Manado pada Sabtu pagi (18/7) di Dusun Kotanibangun Desa Ginuggung Kecamatan Galang.

Pada kesempatan itu Abdul Rahman  menjelaskan, penyelenggaraan pemerintahan di Kabupaten Tolitoli pada semua tingkatan berjalan dengan baik dan lancar.

Hal ini menurutnya, kondusifnya situasi dan kondisi keamanan yang tercipta atas kerjasama yang baik seluruh jajaran aparatur Pemerintah Daerah.

"Jajaran TNI dan Polri, penegak hukum, tokoh agama, dan elemen masyarakat Kabupaten Tolitoli dalam menjaga dan memelihara perdamaian di daerah ini," imbuhnya.

Abdul Rahman menilai, masyarakat Kabupaten Tolitoli memiliki latar belakang perbedaan etnik, agama, adat dan budaya serta nilai sosial.

"Pluralitas masyarakat Kabupaten Tolitoli ini merupakan realitas sosial yang tidak dapat dipungkiri oleh siapa pun juga," tuturnya.

Sementara itu Danlatamal VIII Manado Brigjen TNI (Marinir) Donar Philip Rompas saat memberikan sambutannya mengatakan, kegiatan ini merupakan salah satu tugas TNI Angkatan Laut.

"Tugas dari TNI Angkatan Laut. dalam melaksanakan pembinaan dan pemberdayaan wilayah pertahanan laut yang diarahkan untuk menggali dan memberdayakan potensi masyarakat Desa maritim menjadi potensi pertahanan," paparnya.

Lebih lanjut, Rompas menuturkan, TNI AL menyadari sepenuhnya bahwa apa yang dilaksanakan hanyalah sebagai langkah awal untuk membantu masyarakat dalam membangun daerahnya.

"Kelangsungan dan kesinambungan kegiatan ini sangatlah tergantung kepada peran aktif dari seluruh lapisan masyarakat dan segenap institusi terkait," terangnya.

"Selain dari mereka yang peduli terhadap kesulitan masyarakat di wilayah-wilayah yang membutuhkan bantuan," tambahnya.

Rompas berharap, agar kerja sama dan koordinasi yang telah terjalin dengan baik dapat dipelihara dan terus dipertahankan.

Kegiatan ini dihadiri unsur Forum Koordinasi Pimpinan Daerah, Anggota DPRD Kabupaten Tolitoli, sejumlah Kepala Perangkat Daerah, Pemerintah Kecamatan Galang dan Pemerintah Desa Ginunggung serta seluruh jajaran TNI Angkatan Laut Tolitoli, dintadai dengan penanaman bibit rumput laut dan penaburan benih ikan di laut.

Sementara, Komandan Pangkalan TNI-AL (Lanal) Tolitoli Letkol Laut Bayu Dwi Wicaksono menjelaskan bahwa peresmian potensi maritim Lanal Tolitoli ini merupakan bagian dari upaya untuk menghadapi resesi ekonomi yang terjadi saat ini.

"Hal ini diharapkan dapat menopang stabilitas ekonomi khususnya di Daerah Kabupaten Tolitoli," ujar Bayu.

Bayu berharap, usaha budidaya rumput laut di Kabupaten Tolitoli dapat menjadi pemicu sekaligus memacu pertumbuhan ekonomi, sehingga sasaran untuk meningkatkan produktivitas dan pendapatan pembudidaya dapat direalisasikan.

"Melalui kesungguhan dan keseriusan  sehingga apa yang diharapkan dapat terwujud," kata Bayu.

Bayu meminta, kepada Pemerintah Daerah dan pihak-pihak terkait khususnya seluruh masyarakat Danlanal terus bersama-sama membangun kebersamaan dalam menjaga sumber daya rumput laut yang dimiliki serta dapat dikelola secara baik, arif dan bijaksana.

"Sehingga, nantinya dapat bernilai ekonomi bagi daerah dan kesejahteraan bagi masyarakat," tandasnya. 






Editor : Ewin Agustiawan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar