Ads

Selasa, 16 Juni 2020, Juni 16, 2020 WIB
Last Updated 2020-06-16T04:34:57Z
pilkada 2020pilwako bitungPOLITIK

Sehari Pasca Tahapan Pilkada Kembali Dimulai, Sejumlah Parpol Intens Lakukan Komunikasi Politik

JOURNALTELEGRAF – Pilwako 2020 di Kota Bitung semakin memanas, pekan ini berhembus kabar sejumlah partai mulai intens berkomunikasi.
Foto : (ilustrasi)

Salah satu partai yang makin "kencang" melakukan lobi lobi politik adalah Partai Golkar. Dari keterangan yang diterima dari Wakil Ketua Tim Penjaringan Bakal Calon Walikota dan Wakil Walikota Bitung, Erwin Wurangian, pihaknya masih terus melakukan proses terkait langkah yang akan diambil untuk Pilwako yang dihelat 9 Desember 2020 mendatang.

“Partai Golkar saat ini masih tetap berproses, kami masih menunggu hasilnya,” ujar Erwin saat dihubungi, Selasa (18/6/2020).

Erwin menambahkan, Partai Golkar juga telah memiliki figur yang layak untuk maju di Pilwako, yang notabene adalah kader terbaik partai yang dimiliki di Kota Bitung. Yakni, Cindy Priscila Wurangian yang juga adalah Ketua DPD II Kota Bitung.

“Jadi kalau mau dibilang nantinya Partai Golkar bakal ikut poros tengah bisa saja, tergantung putusan DPP. Kita tunggu saja,” lanjutnya.

Anggota DPRD Kota Bitung ini juga menambahkan, pihaknya masih menunggu intsruksi DPP untuk mengusung sendiri pasangan calon atau ikut mendukung salah satu pasangan calon yang sudah ada.

“Kita masih menunggu putusan itu. Apakah nantinya Cindy akan maju sebagai papan satu atau papan dua atau ikut mendukung pasangan calon yang sudah ada. Intinya Golkar Kota Bitung siap dengan semua putusan DPP nantinya,” tambahannya.

Selain Partai Golkar, ternyata Partai Gerindra pun terlihat intens melakukan komunikasi politik. Dari sejumlah foto yang beredar, tampak Ketua DPC Partai Gerindra Kota Bitung, Dewiati Suawa dan Martin Daniel Tumbelaka beberapa waktu lalu.

Sekretaris DPC Partai Gerindra, Hery Tobangen saat dikonfirmasi terkait pertemuan tersebut mengatakan, itu hanya sebagai ajang silahturahmi sambil membangun komunikasi dengan baik.

“Partai Gerindra sendiri punya hubungan pertemanan dengan partai-partai lain,  sebagai upaya dalam mewujudkan komunikasi yang baik,” ungkapTobangen.

Saat ditanya apakah pertemuan itu merupakan simbol politik poros tengah di Pilkada Bitung, dirinya enggan berkomentar lebih. 

“Masih tetap terbangun dan semuanya masih cair. Yang pasti komunikasi kita masih bagus dan tetap intens,” singkatnya.

Ditempat terpisah, Sekretaris DPK PKP Indonesia Kota Bitung, Vesco Dandel menyatakan saat ini Pak Martin Daniel Tubelaka (MDT), berada di Jakarta sementara menjalin komunikasi dengan partai Nasdem.

“Iya memang benar di Jakarta sedang komunikasi politik dengan DPP Nasdem. Tapi secara resmi belum tau seperti apa, kita sedang menunggu. Apapun keputusan nanti, kami (PKP Indonesia) wajib mengamankan itu,” ujar Vesco.

Vesco tak menampik potensi Martin Daniel Tumbelaka akan maju sebagai calon Wali Kota Bitung nanti.

“Pak Martin itu rekomendasi dari PKPI sebagai calon Wali Kota atau Wakil Wali Kota Bitung. Soal di internal pasti ada yang menginginkan dia maju calon Wali Kota, tapi ada juga sebagian kader ingin MDT berpasangan dengan pak Lomban. Artinya, tidak mau maju papan dua kecuali dengan pak Lomban,” terang Vesco.

Namun keputusan kita akan rapatkan kembali, dua opsi itu menjadi perhatian dan sudah berkembang ditengah kondisi partai, apapun hasil keputusan sebagai papan satu ataupun papan dua.

“Secara partai akan mendukung itu. Karena mekanismenya, ke DPN tidak bisa ditentukan di daerah lewat surat keputusan,” terangnya.

Dari petinggi DPD PAN Kota Bitung, Ranang Ranti yang dijumpai media ini mengaku pekan ini partainya akan melaksanakan pleno untuk menentukan langkah politik di Pilkada 2020.

"Insha Allah pekan ini kita akan rapat pleno menentukan kemana arah PAN di Pilkada," katanya.

Reporter : Alfonds Wodi
Editor : Richardo Pangalerang

Tidak ada komentar:

Posting Komentar