Ads

Rabu, 17 Juni 2020, Juni 17, 2020 WIB
Last Updated 2020-06-17T14:13:19Z
kabupaten tolitolipartai demokratpartai golkarpilkada 2020pilkada tolitoliPOLITIK

PILKADA TOLITOLI 2020 : Golkar - Demokrat Berpeluang Bangun Koalisi

JOURNALTELEGRAF - Siapa yang tak kenal dengan Mohammad Ma'ruf Bantilan, politisi yang juga adalah mantan Bupati Tolitoli dua periode ini selalu menjadi salah satu tolak ukur kekuatan politik di daerah yang dikenal sebagai Kota Cengkeh itu.
Foto : (istimewa) Partai Golkar dan Partai Demokrat


Pasca tidak lagi menjabat sebagai bupati pada 2010 silam, nama politisi senior ini masih menjadi salah satu kekuatan disetiap ajang pilkada. Tak terkecuali di Pilkada 2020 ini.


Kekuatan Mohammad Ma'ruf Bantilan di Pilkada kali ini tentunya akan berada ditangan salah satu putranya. Yakni, Nurmansyah Bantilan yang notabene adalah Ketua DPC Partai Demokrat Kabupaten Tolitoli sekaligus Anggota DPRD Kabupaten Tolitoli.


Menurut Faizal Pusadan, aktivis yang juga adalah seorang politisi ini, Mohammad Ma'ruf Bantilan akan mengeluarkan seluruh kekuatan politiknya untuk mendorong Mamad sapaan akrab Nurmansyah Bantilan masuk kedalam gelanggang Pilkada 2020.


" Saya yakin Pak Ma'ruf akan memamksimalkan seluruh kekuatan politiknya untuk mendorong Mamad di Pilkada nanti. Apalagi modal 3 kursi di DPRD sangat memungkinkan mencalonkan bupati," katanya kepada media ini, Rabu (18/6/2020).

Lalu parpol mana yang akan menjadi kawan koalisi Partai Demokrat jika benar Nurmansyah Bantilan yang akan didorong sebagai cabup.

"Kemungkinan parpol paling berpeluang berkoalisi saya pikir Partai Golkar. Karena saya melihat hubungan Pak Ma'ruf dengan bakal calon gubernur yang diusung Partai Golkar, Nurmawaty Dewi Bantilan yang merupakan adik kandungnya. Kalau ini terjadi maka untuk Kabupaten Tolitoli baik paslon cagub dan cawagub serta cabup dan cawabup nya akan satu paket,"  kata Iccank sapaa akrab pria jebolan Unhas Makassar ini.

Risman, Wakil Ketua Hukum dan HAM DPD II Partai Golkar Tolitoli yang dihubungi terpisah mengatakan jika sampai hari ini, belum ada informasi dari Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Golkar terkait arah koalisi partainya di pilkada yang akan dihelat pada 9 Desember 2020 mendatang.

"Belum ada info dari DPP pak," katanya singkat.

Namun, Risman yang juga anggota Fraksi Partai Golkar DPRD Kabupaten Tolitoli ini membenarkan adanya nama Nurmansyah Bantilan didaftar Bakal Calon Bupati Tolitoli di Partai Golkar.

"Betul, karena mereka melakukan pendaftaran sesuai mekanisme yang dikeluarkan oleh DPP Partai Golkar," kata Risman.


Penulis/Editor : Simon Ronal

Tidak ada komentar:

Posting Komentar