Ads

Rabu, 03 Juni 2020, Juni 03, 2020 WIB
Last Updated 2020-06-03T08:34:56Z
Jamaah calon hajikakan kemenag tolitolimuchlis

Ibadah Haji 2020 Batal, 336 Jamaah Haji Tolitoli Akan Berangkat Tahun Depan

JOURNALTELEGRAF - Penyelenggaraan Haji tahun 2020 dipastikan batal. Pasalnya hingga saat ini Arab Saudi belum membuka akses layanan Penyelenggaraan Ibadah Haji 1441H/2020M. 

"Arab Saudi belum memberikan kepastian kapan akan dibukanya akses layanan penyelenggaraan haji, tidak hanya bagi Indonesia, tapi juga bagi negara-negara lainnya," ungkap Nizar selaku Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah, Selasa (02/06/2020) di Jakarta.

Imbasnya, ratusan ribu Jamaah Calon Haji (JCH) Indonesia yang sudah terdaftar dan melunasi biaya setoran penyelenggaraan haji mereka terpaksa "gigit jari". Termasuk di Kabupaten Tolitoli, Sulawesi Tengah.

Di daerah ini, sebanyak 336 Jamaah Calon Haji (JCH) sudah melunasi biaya penyelenggaraan ibadah haji tahun ini.

"Ada sebanyak 336 orang CJH yg sudah melunasi BIaya Penyelenggaraan Ibadah Haji tahun 1441 H / 2020 M," kata Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Tolitoli, H. Muchlis, Rabu (3/6/2020).

Sedangkan terkait "nasib" JCH yang tertunda menunaikan ibadah rukun Islam keenam itu, Muchlis menjelaskan itu tidak masalah karena sebagai umat beragama, khususnya Islam sudah jelas itu takdir dari Allah Swt.

"Nasib? Tidak masalah, mereka hanya perlu bersabar dan ridha terhadap taqdir Allah ini. Sebagai orang beriman selalu percaya bahwa segala sesuatu terjadi atas kehendak atau taqdir Allah," ujarnya.

Sebagai informasi, Muchlis juga menjelaskan bahwa, JCH yang tidak berangkat tahun ini, akan berangkat tahun depan.

"Otomatis jamaah yang tidak berangkat tapi harusnya berangkat tahun ini, akan berangkat tahun depan," pungkas pria ramah ini.

Reporter/Editor : Arham Licin



Tidak ada komentar:

Posting Komentar