Ads

Kamis, 28 Mei 2020, Mei 28, 2020 WIB
Last Updated 2020-05-28T12:23:48Z
Arham Yacubkabupaten tolitolitolitoli

Tolitoli Ketambahan Tiga Pasien Positif Covid-19 Sehari Sebelum Pemberlakuan "New Normal"

JOURNALTELEGRAF - Sehari sebelum semua aktivitas kembali normal (New Normal) dilaksanakan, Kabupaten Tolitoli kembali ketambahan tiga pasien covid-19.
Foto : (ilustrasi) peta sebaran dan laporan surveilans ketat covid-19 Kabupaten Tolitoli

Bertambahnya pasien covid-19 ini berdasarkan hasil pemeriksaan laboratorium COVID-19 yang dilakukan pada Laboratorium Biologi Molekuler Balai Besar Laboratorium Kesehatan (BBLK) Makassar dengan menggunakan metode real-time PCR (Reverse Transcription Polymerase Chain Reaction), dari 87 sampel swab yang dikirim oleh Dinas Kesehatan Kabupaten Tolitoli terdapat 4 sampel yang terkonfirmasi positif, dengan rincian 1 sampel merupakan pemeriksaan swab kedua kali dan 3 sampel swab yang baru. 

Pasien berdasarkan hasil pemeriksaan yang kedua kali,  seorang laki-laki berusia 30 Tahun dari Kecamatan Dondo dan tiga orang pasien positif Covid-19 yang baru sekali dilakukan tes Swab adalah seorang 
Perempuan berusia 49 Tahun juga dari Kecamatan Dondo, laki laki berusia 53 tahun dari Kecamatan Baolan dan seorang laki laki  berusia 25 tahun dari Kecamatan Galang.

Berdasarkan data yang dirilis Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Kabupaten Tolitoli,  sampai dengan hari Kamis tanggal 28 Mei 2020, di Kabupaten Tolitoli terdapat 14 pasien Positif Covid-19. 5 pasien diisolasi di RSUD Mokopido Tolitoli dan 9 pasien diisolasi di Karantina Fasilitas Pemerintah Daerah Kabupaten Tolitoli.

"Kepada seluruh masyarakat disampaikan, meskipun akses masuk ke Wilayah Kabupaten Tolitoli akan dibuka kembali, diharapkan agar tetap mentaati anjuran pemerintah untuk selalu menerapkan protokol pencegahan Covid-19 yakni jaga jarak fisik, selalu pakai masker bila berada di luar rumah, rajin cuci tangan pakai sabun di air mengalir," jelas Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Tolitoli, Arham Yacub, Kamis (28/5/2020).

Lanjutnya, warga juga diajak untuk saatnya hidup berdampingan dengan virus corona.

"Saatnya kita hidup berdampingan dengan virus corona, sehingga kita semua harus mengetahui tempat-tempat dan cara penyebarannya serta memahami dan mematuhi cara pencegahannya," pungkasnya.

Penulis/Editor : Simon Ronal

Tidak ada komentar:

Posting Komentar