Ads

IGEL GAHAGHO
Kamis, 07 Mei 2020, Mei 07, 2020 WIB
Last Updated 2020-05-06T04:47:45Z
SangiheSitaro

Satgas Opster Kodim 1301/Sangihe, Berikan Penyuluhan Kesehatan di Kantor Lurah Akesimbeka


Foto: Istimewa

JOURNALTLEGRAF - Disamping pelaksanaan progam fisik, Satgas opster Kodim  1301/Sangihe  yang melaksanakan program  Opster TNI di Kabupaten Kepulauan Sitaro juga terus menggiatkan  kegiatan non fisik.

Salah satu Kegiatan non fisik itu adalah penyuluhan kesehatan di kantor Lurah Akesimbeka kepada masyarakat Desa Akesimbeka, Kecamatan Siau Timur , Kabupaten Kepulauan Sitaro, Rabu (06/05/2020).

Kesdim 1301/Sangihe Menggandeng Kesehatan Pukesmas Ulu Siau, kegiatan yang digelar di kantor Lurah Akesimbeka  diikuti oleh sebelas orang yang terdiri dari kesehatan Pukesmas Ulu Siau Dokter fitzki Maramis, Dokter Merltn Sawelo, Bakeslap Kodim 1301/Sangihe, Babinsa Tarorane, Lurah Akesimbeka, Kepala Lingkungan l, ll, lll, IV, kader posyandu lansia dan kader posyandu balita serta warga.

Dokter fitzki Maramis yang memberikan materi penyuluhan mengatakan, kali ini warga   diberikan materi tentang perilaku hidup bersih dan sehat(PHBS) rumah tangga.

“Dalam program (PHBS), rumah tangga itu ada 5 program prioritas yaitu kesehatan ibu dan anak (KIA), gizi, kesehatan lingkungan, gaya hidup, dana sehat, asuransi kesehatan dan asuransi kesehatan,” terangnya.

Dokter fitzki maramis menambahkan ada 10 indikator dalam PHBS rumah tangga, diantaranya adalah menggunakan air bersih mencuci tangan dengan menggunakan sabun, menggunakan jamban sehat dan memberantas jentik di rumah.

“Harapan kami setelah mendapatkan sosialisasi ini, mereka para kader bisa memberi sosialisasi kesehatan ke Posyandu  ,” imbuh Dokter fitzki maramis.

Lanjutnya lagi, dalam sosialisasi ini ditekankan perilaku hidup sehat dimulai dari diri sendiri.

”Dengan PHBS, diharapkan kita semua  mampu mengupayakan  mencegah dan menangani permasalahan kesehatan yang ada di sekitar kita serta sebagai alternatif kita untuk memerangi Pandemi Covid-19 di lapisan bawah,” ungkap Dokter fitzki maramis.

Sementara itu Retman Madundang AMD. , Lurah Akesimbeka  mengatakan, penyuluhan kesehatan ini sangat bermanfaat sekali kepada masyarakat khususnya Desa Akesimbeka , utamanya mereka yang kesadaran hidupnya masih sangat kurang.

“Kesadaran warga  akan hidup sehat sebenarnya sudah cukup maksimal, memang masih ada kekurangan seperti kesadaran menjaga kebersihan lingkungan seperti membuang sampah,”tambah Madundang.

Remon Lahinda, Kepala Lingkungan ll menambahkan, diharapkan kegiatan opster Kodim 1301/Sangihe dikecamatan Siau ini, khususnya penyuluhan kesehatan ini bisa maksimal dan mampu meningkatkan kesadaran hidup sehat warga .

“Diharapkan kegiatan opster Kodim 1301/Sangihe dikecamatan Siau ini, khususnya penyuluhan kesehatan ini bisa maksimal dan mampu meningkatkan kesadaran hidup sehat warga,”tutup Remon.

Reporter/Editor: Igel Gahagho

Tidak ada komentar:

Posting Komentar