Ads

Selasa, 12 Mei 2020, Mei 12, 2020 WIB
Last Updated 2020-05-12T02:18:47Z
NASIONALPEMERINTAHAN

Peran Media Sangat Strategis Dalam Perang Melawan Wabah



Foto : (Istimewa) Kepala BNPB Doni Monardo selaku Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19

JOURNALTELEGRAF-Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Doni Monardo selaku Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19, menyampaikan bahwa media memiliki peran yang sangat strategis dalam membantu program pemerintah dari perang melawan wabah. Menurutnya, 63 persen sosialisasi itu bisa berhasil terutama dari televisi dan radio.

“Kami mengajak kepada kawan-kawan media untuk senantiasa ikut membantu program pemerintah. Ini adalah bagian dari perang kita, perang melawan wabah, dan dituntut kita semua harus bersatu dari pusat sampai ke daerah, bahkan ke tingkat desa dan juga RT/RW,” ujar Kepala BNPB usai Rapat Terbatas (Ratas) di Jakarta, Senin (11/5/2020).

Masalah ini, menurut Kepala BNPB, tidak hanya bisa diatasi dan ditangani oleh pemerintah pusat semata sehingga dibutuhkan kerja sama, dibutuhkan upaya gotong royong, dan selama ini Gugus tugas selalu mengampanyekan program atau metode kolaborasi pentahelix berbasis komunitas.

“Di sinilah pentingnya kita bersama-sama, unsur pemerintah, unsur akademisi, unsur dunia usaha, unsur komunitas relawan, organisasi masyarakat, LSM, dan juga tentunya harus didukung oleh media,” kata Doni.

Selain itu, antisipasi kemungkinan terjadinya gelombang kedua yakni dengan kesadaran kolektif untuk bisa memahami, selama belum berhasil menemukan vaksin, maka tidak boleh kendor dan tidak boleh lengah.

Ungkap Doni, presiden selalu menekankan jangan kendor walaupun beberapa daerah telah mengalami pengurangan kasus terkonfirmasi. Dan tentunya ini harus dibarengi dengan tingkat disiplin individu dan kesadaran kolektif yang lebih tinggi.

“Saya yakin kalau kita semua sabar, kalau kita semua disiplin, kita akan segera memutus mata rantai penularan sehingga kita mungkin bisa lebih cepat memulai hidup normal dengan protokol-protokol kesehatan,” terangnya.

Ia menekankan, kesabaran serta kedisiplinan, akan bisa melindungi diri, keluarga, dan termasuk melindungi masyarakat di sekitarnya.

“Kita harus bisa menunjukkan diri kita sebagai patriot, kita juga harus bisa menjadikan diri kita sebagai bagian dari pahlawan-pahlawan kemanusiaan, ketika kita bisa menyelamatkan warga masyarakat lainnya,” jelasnya.

Reporter/ Editor : Ewin


Tidak ada komentar:

Posting Komentar