Ads

Rabu, 13 Mei 2020, Mei 13, 2020 WIB
Last Updated 2020-05-12T16:25:32Z
BITUNG

Maurits Mantiri Panen Hasil Tanaman Petani Kota Bitung

Foto: istimewa, Wakil Walikota Bitung Ir. Maurits Mantiri, MM, saat memanem hasil tanaman Petani Kota Bitung


JOURNALTELEGRAF-Evaluasi bantuan yang diberikan pada bulan Juni yang lalu Wakil Walikota Bitung Ir. Maurits Mantiri, MM, didampingi Wakil Ketua Tim Pengerak PKK Ny Rita Mantiri Tangkudung kunjungi Petani Kota Bitung di perkebunan Waleleng Pinikalan, Kecamatan Ranowulu.

Dari bantuan tersebut, diketahui petani sudah mendapatkan keuntungan hinggal 5 juta rupiah plus bibit baru dari hasil persemaian bibit bantuan.

“Saya sangat bangga dimana bantuan pohon rica yang saya bagikan dulu kini sudah beberapa kali panen  dan sangat membantu keluarga petani dengan hasil panen ini,” ucap Mantiri, Senin (11/05/2020).

Lanjutnya, Tak hanya itu dari motovasi bibit rica ini membuat para petani tak hanya menanam rica, namun merekapun menanam berbagai tumbuhan ekonomis lainnya.

“Karena sudah ada tanaman rica membuat warga mau tak mau harus menanam tanaman ekonomis lainnya sambil merawat rica seperti Milu, Bawang daun dan Bawang biji sehingga penghasilan keluarga petani bisa bertambah,” harapnya.

Sementara itu, Neldy Kalangi salah satu petani yang ricanya dipanen Wakil Walikota mengatakan jika dirinya tak hanya mengandalkan tanaman Rica.

”Saya baru tau jika tranaman rica yang dibantu ini hanyalah motivasi untuk menanam dan saat saya menanam rica, sambil merawatnya saya juga bisa menanam tanaman ekonomis lainnya agar mendapatkan keuntungan dan ini sudah terbukti saya bisa panen hingga 7 jutaan dari rica, sementara batang bawang yang saya usahakan sendiri sudah terlihat hasilnya dan jika dijual  bisa mendapatkan keuntungan hingga 9 jutaan,” jelasnya.

Dirinya juga menambahkan jika lahan yang ditanamnya ini dulunya adalah lahan tidur milik keluarganya dan ada beberapa meter lahan pertanian yang dipinjamnya kepada tgokoh agama untuk digunakan. 

“Pemanfaatan lahan tidur menjadi uang seperti ini sangat tepat di masa pandemic covid sekarang ini,” terangnya.

Perlu diketahui bantuan bibit rica yang dilakukannya pada Januari yang lalu diberikan kepada sekitar 50 an petani di kota Bitung yang tersebar dari pulau lembeh sampai kecamatan Ranowulu.

Reporter/Editor: Richardo Pangalerang

Tidak ada komentar:

Posting Komentar