Ads

JournalTelegraf
Senin, 11 Mei 2020, Mei 11, 2020 WIB
Last Updated 2020-05-11T11:49:44Z
HEADLINEMANADOSulut

Manado Raih Opini WTP Ketiga Kali, Ini Harapan Wakil Wali Kota Manado MDB

Wakil Wali Kota Manado, Mor D Bastiaan
JOURNALTELEGRAF - Pemerintah Kota Manado (Pemkot Manado) kembali berhasil meraih penghargaan opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI Perwakilan Sulawesi Utara, Senin (11/05/2020).

Opini WTP ke-3 kalinya secara berturut-turut dari Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) Pemkot Manado tahun anggaran 2019 disampaikan BPK-RI Perwakilan Sulut melalui video conference (vicon) yang diikuti Wali Kota Manado GS Vicky Lumentut, Ketua DPRD Kota Manado Aaltje Dondokambey, Wakil Wali Kota Manado Mor Bastiaan (Wawali Manado MDB), Sekretaris Kota Michler CS Lakat SH MH dan jajarannya di lantai dua, kantor Wali Kota Manado, Senin (11/5/2020).

Wawali Manado MDB mengatakan, WTP yang sudah diraih Pemkot Manado 3 kali berturut-turut (2018, 2019 dan 2020) ini merupakan anugerah terindah buat masyarakat kota Manado ditengah wabah Covid-19.

"Tentu kami, saya dan pak WaliKota merasa sangat bersyukur atas dicapainya penilaian laporan keuangan pemerintah kota Manado dengan predikat Wajar Tanpa Pengecualian (WTP). Prestasi ini hasil kerja dari pada teman-teman yang ada di Pemerintah Kota Manado mulai dari Pak Sekda sampai seluruh jajaran ke bawah. Juga support daripada teman-teman kita yang ada di DPRD kota Manado," ujar Wawali Manado MDB.

Secara khusus, Wawali Manado MDB juga menyampaikan ucapan terimakasih ke Gubernur Sulut Olly Dondokambey dan Wagub Steven Kandouw yang telah memberikan support ke Pemkot Manado.

Ia juga berharap prestasi yang sudah diraih Pemkot Manado bisa tetap dipertahankan di waktu kedepannya.

"Terimakasih juga atas support yang telah diberikan Gubernur Sulut pak Olly Dondokambey dan Wakil Gubernur pak Steven Kandouw kepada kami di Pemerintah Kota Manado. Semoga kami tetap bisa mempertahankan prestasi ini kedepannya," ucap Wawali Manado MDB.

Terima kasih juga kepada Kepala Perwakilan BPK RI Sulawesi Utara beserta dengan seluruh jajaran yang selalu memberikan bimbingan bagi pemerintah kota Manado, tambahnya.

"Yang paling terutama tentu kita mengucap syukur kepada Tuhan karena berkat Tuhanlah kita mendapatkan predikat ini," pungkasnya.

Diketahui, dibawah kepemimpinan Wali Kota Manado GS Vicky Lumentut (GSVL) dan Wawali Mor D Bastiaan (MDB), kota Manado berhasil meraih predikat WTP 3 kali berturut-turut, yakni ;

1.  Predikat WTP tahun 2018, dari Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) BPK - RI Perwakilan Sulut atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) Kota Manado tahun anggaran 2017;

2. Predikat WTP tahun 2019, dari Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) BPK - RI Perwakilan Sulut atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) Kota Manado tahun anggaran 2018;

3. Predikat WTP tahun 2020, dari Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) BPK - RI Perwakilan Sulut atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) Kota Manado tahun anggaran 2019;

Tahun 2017 lalu, Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) tahun 2016 Pemkot Manado sempat menerima predikat Wajar Dengan Pengecualian (WDP) atau turun setingkat dibandingkan LHP LKPD Pemkot Manado tahun 2015 yang mendapat opini WTP tahun 2016 lalu.

Diketahui, Pemerintah Daerah yang meraih opini WTP dari BPK RI telah sesuai Standar Akuntansi Pemerintah (SAP) berbasir akrual.
Meski demikian, menurut BPK RI, predikat opini WTP yang diraih Pemerintah Daerah bukan merupakan jaminan jika daerah tersebut bebas dari korupsi.

Reporter/Editor : Simon Ronal



Tidak ada komentar:

Posting Komentar