Ads

Jumat, 29 Mei 2020, Mei 29, 2020 WIB
Last Updated 2020-05-29T12:24:06Z
BITUNG

Bawaslu Kota Bitung Hadapi Ancaman Corona Di Pilkada Serentak

Foto : (Istimewa)

JOURNALTELEGRAF – Meskipun Pilkada serentak di adakan pada bulan Desember. namun tanda-tanda wabah virus corona atau Covid-19 belum berakhir. Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kota Bitung tetap berkoordinasi dengan Bawaslu Pusat untuk persiapan pengawasan Pilkada.

Ketua Bawaslu Kota Bitung Deiby Londok menyatakan, KPU Kota Bitung saat ini menunggu Perbawaslu untuk melakukan tahapan pengawasan saat Pilkada nanti, Bawaslu juga akan segera mengaktifkan kembali badan adhoc yang telah dirumahkan beberapa pekan lalu karena Covid-19.

"Nantinya pengawasan KPU di Pilkada tetap mengacu pada protap kesehatan, disamping kami akan melakukan verifikasi pemutakhiran data pemilih, dan teknis lainnya di lapangan,” ujar Deiby kepada awak media, Jumat (29/5/2020).

Tak hanya itu, Bawaslu akan melakukan penyesuaian anggaran sesuai kebijakan Bawaslu Pusat dan Bawaslu Daerah/Kota, terkait dengan protab pandemi.

Meski begitu kata Deiby, Bawaslu akan tetap mengkaji kembali pengawasan tersebut, diantaranya, para petugas Bawaslu akan dibekali SOP atau Standar Oprasiomal Prosesur, protap kesehatan dan juga Alat Pelindung Diri (APD).

Terkait itu semua, Koordinator Divisi Pengawasan Bawaslu Kota Bitung Sammy Rumambi juga ikut menambahkan, Bawaslu Kota Bitung sesegera mungkin untuk melakukan pengawasan asalkan aturannya sudah jelas dan telah disesuaikan dengan situasi pandemi Covid-19 saat ini.

Sammy menjelaskan, nantinya tahapan program dan jadwal di Bawaslu ada empat tahapan, namun tertunda secara teknis, yang ada peraturan tentang protap dan SOP kesehatan dalam pencegahan Covid-19 dan New Normal.

“Regulasi yang dikeluarkan terkait Pilkada serentak tanggal 9 Desember 2020 nanti, mengutamakan keselamatan para pemilih, baik itu penyelengara dan pesertanya, dengan memperhatikan protap serta SOP sesuai dengan PKPU yang dikeluarkan nantinya,” ungkapnya.

Reporter : Alfonds Wodi
Editor      : Ewin

Tidak ada komentar:

Posting Komentar