Ads

Senin, 17 Februari 2020, Februari 17, 2020 WIB
Last Updated 2020-02-17T15:29:21Z
NASIONALOLAHRAGA

Siap Jadi Tuan Rumah Piala Dunia FIFA U-20, Jokowi Resmikan Stadion Manahan Solo

Foto: (istimewa) Presiden Joko Widodo saat meresmikan Stadion Manahan Solo

JOURNALTELEGRAF-Presiden RI Joko Widodo didampingi Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, dan Walikota Solo FX Hadi Rudyatmo meresmikan Stadion Manahan Kota Solo.

Stadion Manahan merupakan salah satu stadion yang disiapkan sebagi venue Piala Dunia FIFA U-20 tahun 2021, biaya renovasi Stadion Manahan yang dilakukan Kementrian PUPR sejak Agustus 2018 memakan biaya hingga Rp 301,3 miliar, stadion Manahan kini menjadi stadion berstandar Internasional yang dapat menyelenggarakan kegiatan olahraga bertaraf Internasional.

Dalam sambutannya Presiden Jokowi mengatakan, Allhamdulilah kita telah melakukan renovasi besar-besaran Stadion Manahan agar fasilitasnya menjadi lebih baik dan bisa segera ditetapkan FIFA maupun PSSI sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20, Sabtu (2/15)2020).

Peresmian Stadion Manahan ditandai dengan penandatanganan prasasti dan penyerahan bola secara simbolis kepada anak gawang sebagai motivasi prestasi, kemudian dilanjutkan dengan pertandingan persahabatan antara tim Persib Solo melawan Persib Bandung. Hadir pada acara Menkopolhukam Mahfud MD, Menteri  Perhubungan Budi Karya Sumadi, Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Sekretaris Kabinet Pramono Anung, dan Kepala Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Wimboh Santoso.

Stadion didukung drainese lapangan yang baik sehingga meskipun hujan, tidak terjadi genangan pada saat pertandingan, para penonton disuguhkan pencahayaan dan tata suara berkekuatan 100 desibel, pencahayaan menggunakan lampu LED berkekuatan tinggi yang menggunakan system penerangan field of play (FOP) 1.500 lux.

Stadion Manahan berkapasitas 20.000 penonton menggunakan kursi tunggal (single seat) agar dapat menjadi venue event skala nasional dan internasional dengan harapan stadion Manahan dapat menjadi icon di Kota Solo dan dapat meningkatkan prestasi di bidang olahraga.

“Di Kota Solo ada 5 stadion seperti Sriwidari dan termasuk Stadion Manahan, karena kurang representative kita renovasi. Inigin membangkitkan kembali prestasi olahraga, khususnya sepakbola di Kota Solo. Fasilitasnya semua di renovasi, sound system dan ada jacuzi juga, jadi lengkap seperti GBK Mini,” ujar Menteri Basuki.

Turut hadir mendampingi Menteri Basuki, Inspektur Jendral Widiarto, Direktur Jenderal Cipta Karya Danis H. Sumadilaga, Direktur Bina Penataan Bangunan Ditjen Cipta Karya Diana Kusumastuti, Kepala Biro Komunikasi Publik Endra S. Atmawidjaja, Kepala Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional Akhmad Cahyadi, dan Kepala Balai Besar Wilayah Sungai Bengawan Solo A. Charis Manu.

Editor: Jumiarti Ketangrejo

Tidak ada komentar:

Posting Komentar