Ads

Jumat, 28 Februari 2020, Februari 28, 2020 WIB
Last Updated 2020-02-28T05:53:15Z
polda sultengsulteng

Kapolda Sulteng Resmikan Masjid Ar Rahman


JOURNALTELEGRAF-Disamping sebelah kanan Mako Polda Sulteng Jalan Soekarno Hatta Palu Timur  telah berdiri megah Masjid yang baru selesai dibangun diatas tanah dengan luas 3.071 meter persegi.

Pelaksanaan pembangunan masjid yang berlangsung mulai Agustus 2018 menelan biaya kurang lebih Rp 2,3 Milyar yang berasal dari swadaya murni sumbangan para dermawan.

Pagi ini Jumat (28/02/2020) masjid diresmikan penggunaannya oleh Kapolda Sulteng Irjen Polisi Drs. Syafril Nursal, SH.MH  dan diberi nama masjid Ar Rahman

Turut hadir dalam peresmian masjid Ar Rahman Wakapolda Sulteng Brigjen Polisi Drs. Nurwindiyanto, MM, wakil Gubernur Sulteng H Rusli Baco Dg Palabbi S.Sos,Sh,MH, Kepala Kanwil Agama Sulteng, para Pejabat utama Polda Sulteng, Wawali Palu Sigit Purnomo Said, Kapolres Palu, Ketua Daerah Bhayangkari Sulteng Ny. Yuni Syafril Nursal bersama pengurus, tokoh agama dan personil Polda Sulteng.

Dalam sambutan peresmian Kapolda Sulteng mengatakan bahwa yang menginisiasi pembangunan masjid mako polda sulawesi tengah adalah bapak Irjen Pol Drs. Ermi Widyatno, MM yang pada saat itu menjabat sebagai kapolda sulawesi tengah dan dilanjutkan oleh bapak Irjen Pol (purn.) Drs. Lukman Wahyu Hariyanto, M.Si.

“Pembangunan masjid mako polda sulawesi tengah menunjukkan kerukunan antar umat beragama di sulawesi tengah, sebab mulai dari inisiasi hingga selesai pembangunan masjid ini tidak lepas dari bantuan para donatur yang ada di sulawesi tengah. apabila kita semua bersatu, bahu-membahu segala permasalahan pasti terselesaikan, dan insya allah bisa terwujud, seperti halnya pembangunan masjid ini,” Ucap Syafril.

Mengakhiri sambutannya kapolda sulteng berharap kepada para personel dan asn polri serta masyarakat yang berada di sekitar lingkungan mako polda sulawesi tengah untuk bekerjasama dan kompak dalam menjaga serta merawat masjid ini.

“Kepada warga dan personel polda sulawesi tengah bahwa kita tidak dalam rangka berlomba-lomba membangun masjid megah kemudian setelah masjid rampung dibangun hanya sebagai simbolis saja, melainkan bagaimana kita dapat memakmurkan masjid tersebut dengan melaksanakan ibadah wajib maupun sunnah serta melaksanakan kegiatan-kegiatan keagamaan lainnya." Tutup orang nomor satu di Polda Sulteng.

Sementara itu Ketua Panitia pembangunan masjid Ar Rahman Kombes Polisi Imam Setiawan, SIK yang juga Dirlantas Polda Sulteng kepada media mengatakan Syukur Alhamdullilah atas seijin Allah SWT  pembangunan masjid Ar Rahman dapat terselesaikan.

Sumber anggaran murni berasal dari swadaya masyarakat dan dermawan di Sulawesi Tengah yang telah bahu membahu sehingga masjid dapat berdiri dan memakan biaya kurang lebih Rp 2,3 Milyar.

Pembangunan dimulai sejak Agustus 2018 dan sempat terhenti pembangunannya karena adanya bencana gempa bumi, tsunami dan likuifaksi september 2018, luas bangunan 775 meter persegi dan mampu menampung jamaah sebanyak 450 orang.

“Terima kasih kepada masyarakat dan para dermawan yang telah menyisihkan sebagian rezekinya utk pembangunan masjid Ar Rahman, semoga menjadi amal jariyah kita. Aamiin," tutup Imam yang sebentar lagi alih tugas menjadi Karo Ops Polda Jambi.

Selesai pelaksanaan peresmian, masjid Ar Rahman untuk pertama kalinya langsung digunakan untuk sholat jumat berjamaah dengan khotib Ustadz Dr. H. Muhtadin Dg Mustafa, M.Hi wakil Ketua MUI Kota Palu.

Reporter: Armen Djaru
Editor: Richardo Pangalerang

Tidak ada komentar:

Posting Komentar