Ads

Selasa, 26 November 2019, November 26, 2019 WIB
Last Updated 2019-11-26T00:15:55Z
EKONOMI & BISNIS

GP Makmur, Penggilingan Padi Terbesar di Sulteng Fasilitasi Petani Galang

JOURNAL TELEGRAF - Kecamatan Galang sudah layak mendapat julukan kecamatan Agropolitan dan wilayah ini merupakan penyanggah beras di daerah ini dengan luas lahan sawah 22.960 ha,karena itulah Hi Rahim 35 tahun mendirikan Gilingan Padi yang untuk saat ini merupakan Gilingan Padi terbesar di sulawesi Tengah.

Foto: penggilingan Padi GP Makmur (armen)


Sejak di oprasikannya Gilingan padi dengan nama usaha "GP MAKMUR" sejak awal 2017 beroperasi belum sepenuhnya normal. Karena masih mengandalkan gabah  lokal Tolitoli.

"karena kami lakukan pembelian gabah dari Morowali dan mangkutana  untuk  tes rendemen serta uji mutu dan kualitas beras ini di lakukan agar ada perbandingan gabah toli toli dan daerah lain
Karenanya untuk penjualan nya masih lokal tetapi tahun 2020 produksi beras siap di pasarkan di sulawesi Utara dan Kalimantan," Kata Hi Rahim.

Saat ini  Usaha Gilingan Padi GP MAKMUR sudah dilengkapi dengan Mesin pemecah kulit/sekam atau pengupas kulit/sekam gabah kering giling (huller atau husker)
Mesin pemisah gabah dan beras pecah kulit (brown rice separator) Mesin penyosoh atau mesin pemutih (polisher)
Mesin pengayak bertingkat (sifter)
 Mesin atau alat bantu pengemasan (timbangan dan penjahit karung).

"Dan untuk memudahkan petani saat panen di daerah kecamatan Galang saat ini petani tidak lagi panen dengan cara manual tetapi kami siapkan 2 Unit mesin Potong/panen Kubota CD 70," Ungkap Hi Rahim pada awak media ini,Selasa (26/11/209).

(Armen djaru)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar