Ads

Kamis, 09 November 2017, November 09, 2017 WIB
Last Updated 2019-11-08T15:14:33Z
KESEHATAN

Makan Roti Setelah Makan Nasi Ternyata Baik Untuk Kesehatan


JournalTelegraf, Lifestyle - Mengkonsumsi karbohidrat dengan berlebihan disebut-sebut bisa memberikan dampak buruk bagi kesehatan. Karena alasan inilah banyak orang yang sengaja tidak mengkonsumsi makanan yang kaya akan karbohidrat secara bersamaan. Sebagai contoh, kita tidak akan mengkonsumsi nasi dan roti secara bersamaan.

Namun, sebuah penelitian terbaru yang dilakukan oleh pakar kesehatan dari BMJ Open Diabetes Resarch and Care menghasilkan fakta menarik tentang kebiasaan makan roti setelah makan nasi. Jika kita melakukannya dengan rutin, tubuh justru akan lebih baik dalam menjaga kadar gula dalam darah.

Dikutip dari doktersehat, Dalam penelitian yang dilakukan dengan melibatkan 16 orang dewasa yang menderita diabetes tipe 2 ini, para partisipan diminta untuk mengkonsumsi beberapa jenis karbohidrat yang berbeda. Para partisipan ini diminta untuk mengkonsumsi makanan yang memiliki kandungan protein, karbohidrat, dan sayuran. Hanya saja, untuk makanan karbohidrat disajikan secara terpisah sehingga dikonsumsi sebelum dan setelah mengkonsumsi protein dan sayuran.

Hasil dari penelitian ini adalah, mengkonsumsi roti setelah makan nasi ternyata bisa membantu mengendalikan kadar gula darah, asalkan diimbangi dengan asupan serat dan nutrisi menyehatkan lainnya.

Meskipun telah terbukti mampu memberikan banyak manfaat kesehatan, para peneliti menyebutkan bahwa mereka masih membutuhkan penelitian yang lebih mendalam akan hal ini. Hanya saja, para peneliti yakin jika waktu makan, apa saja yang kita makan, dan kombinasi makanan seperti apa yang kita konsumsi berperan besar bagi kesehatan tubuh kita. (*KoPra)

Sumber : doktersehat

Tidak ada komentar:

Posting Komentar